Denah Rumah di Jogja

Menentukan layout atau denah rumah mungkin merupakan salah satu keputusan yang cukup penting yang pernah kamu putuskan saat sebelum membangun rumah. Tinggal di apartemen ataupun rumah, denah ruangan sebuah rumah biasanya tergantung pada masing-masing lifestyle seseorang. Menentukan denah ruang bisa saja jadi sebuah hal yang membingungkan, maka berikut ini kami berikan tips untuk membantu kamu memutuskan denah seperti apa yang cocok untuk keluargamu :

Pilih denah yang cocok dengan gaya hidup kamu

Kamu mungkin pernah dengar istilah desain open plan yaitu interior rumah dimana minim sekat dengan tiap ruang berbeda terbuka satu dengan yang lainnya. Namun ternyata ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan terkait keterbukaan ini. Misalnya privasi yang kurang dan sebagainya. Kamu harus sesuaikan denah dengan keadaan keluargamu. Misalnya sebuah keluarga dimana anak-anak masih kecil pasti lebih memilih memiliki tempat-tempat privat tersendiri dalam rumahnya seperti kamar mandi yang ada di ruang kamar tidur. Sementara itu keluarga dengan anak yang sudah remaja dan dewasa tentu tak seperti ketika kecil, mereka kini lebih memilih kamar tidur yang terpisah. Jika kamu sedang mencari rumah atau membangunnya dari awal, pastikan bahwa kamu sudah mempertimbangkan faktor-faktor tersebut.

Bagaimana kamu menerima tamu?

Kebanyakan pemilik rumah akan menyambut tamu lalu mempersilakan ke ruang tamu bahkan terkadang langsung diarahkan ke ruang makan bila kamu menggunakan desain open plan. Namun bila kamu termasuk yang tak suka style menjamu tamu seperti ini, karena tak ingin apa yang ada di dapur dan ruang makan terlihat langsung oleh tamu, pastikan ruang tamu kalian tak dekat dengan ruang makan namun langsung berada di dekat pintu masuk rumah.

Rumah 1 lantai atau lebih?

Banyak orang lebih memilih memiliki rumah 1 lantai karena tak ingin kebisingan yang terdengar ketika anggota keluarga mereka naik turun tangga. Konsepnya, ruang keluarga, ruang tamu dan sebagainya ada di tengah, lalu kamar tidur ada di rumah bagian samping atau belakang. Berbeda dengan rumah 2 lantai yang akan lebih fleksibel saat kamu menentukan denahnya karena lebih banyak space yang bisa digunakan untuk berbagai ruangan.

Apakah rumahmu butuh fungsi tertentu?

Pertimbangkan apakah keluargamu butuh fungsi tertentu untuk rumah kamu itu. Misalnya anak-anak apakah perlu ruang besar untuk mereka lari-lari nanti? Atau, haruskah lantai rumah kamu dibuat tak rata, dengan tangga pendek bila orangtuamu yang sudah di kursi roda juga tinggal disana?

Berapa banyak fasilitas dibutuhkan?

Denah rumahmu mungkin punya space outdoor yang cukup luas untuk sekedar duduk-duduk dan bersantai. Malah kadang ada yang memiliki kolam renang, dan sebagainya.
Jika kamu suka bersih-bersih, memiliki kamar mandi sendiri, memiliki taman rumput juga tentu akan terlihat bagus. Namun bila memilikinya saja namun tak bisa merawatnya maka hal ini justru akan mengurangi keindahan rumah kamu.

Memilih denah rumah memang terkesan membingungkan. Namun dengan memahami lifestylemu dan pilihan agar kamu selalu menikmati hidup ini, sebaiknya kamu pikirkan dan diskusikan hal ini dengan keluarga. Jika masih bungung, maka kamu bisa tanyakan ini kepada jasa konsultasi ruamah di jogja.

Ingin Bangun Rumah atau Renovasi di Jogja ? Hubungi Reka Persada
Telp : (0274) 433 – 1826
Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 (HOTLINE)
Mail : office@rekapersada.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.